Cara Perawatan Bayi Baru Lahir Dengan Baik Dan Benar

Perawatan bayi baru lahir normal adalah hal yang patut diperhatikan oleh setiap ibu, khususnya bagi para ibu yang baru pertama kali memiliki bayi. Ibu yang baru pertama kali memiliki bayi tentunya wajib mengetahui tentang bagaimana perawatan bayi baru lahir. Hal ini bertujuan untuk menghindari infeksi pada bayi yang baru lahir dan menghindari terjadinya hipotermi. Bayi baru lahir memiliki imunitas yang lebih rendah dibandingkan kita yang sudah dewasa, untuk itu kita perlu melakukan perawatan ekstra agar bayi terhindar dari infeksi yang menyebabkan kematian pada bayi. Selain infeksi, hipotermi juga merupakan hal paling sering dialami oleh bayi baru lahir akibat dari jaringan sub kutan yang masih tipis sehingga perlu dilakukan perawatan yang benar agar tehindar dari hipotermi. Beberapa perawatan lain juga perlu dilakukan, untuk itu kali ini akan kami bahas tentang perawatan bayi baru lahir secara terperinci.

Sebenarnya tujuan dari semua ini adalah untuk pengharapan kebaikan bagi si bayi agar dikaruniai oleh Allah keimanan dan ketaqwaan serta dijauhkan dari godaan-godaan syetan yang terkutuk. Berikan ASI sesering mungkin sesuai keinginan ibu ( Jika payudara penuh ) atau kebutuhan bayi setiap 2 – three jam ( paling sedikit setiap 4 Jam ), bergantian antara payudara kiri dan kanan. Menurut Dr Waldi Nurhamzah, SPA umumnya warna-warna feses bayi dapat dibedakan menjadi kuning, coklat, hijau, merah dan putih atau keabuan. Normal atau tidaknya sistem pencernaan bayi dapat dideteksi dari warna-warna feses tsb.

Oleh karena itu, sebaiknya Moms perlu mengetahui 6 hal tentang bayi baru lahir berikut ini sebagai bekal menghadapi kelahirannya nanti. Terima kasih atas pengetahuan yang di tuliskan. Begitu bermanfaat. Bagaimana pesan madu untuk ibu menyusui ? Baru ± 2 mingguan melahirkan. Hal ini supaya kelak anak kita berkepribadian yang sholeh, seperti yang sudah diajarkan oleh nabi besar kita yaitu Nabi Muhammad NOTICED yang disunahkan bagi umat muslim. Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. Banyak ibu menyusui berpikir bahwa saat bayi Buang Air Besar (BAB) berbentuk cairan untuk pertama kali, maka dia mengalami diare. Padahal sudah seharusnya berair,” kata dokter anak dan penulis buku Dad to Dad: Parenting Like a Pro, David L. Hill, M.D.

Apabila bayi sianosis (kulit biru) atau sukar bernafas (frekuensi pernafasan kurang dari 30 atau lebih dari 60 kali per menit), berilah oksigen kepada bayi dengan kateter nasal atau nasal prongs. Kami sebagai mahasiswi harus lebih memperhatikan dan teliti dalam setiap melakukan tindakan medis dan penatalaksanaan bayi baru lahir. Pakaian haruslah disesuaikan dengan cuaca di daerah anda. Jangan jadikan pengetahuan leluhur maupun pengetahuan dari daerah lain sebagai satu-satunya acuan.

Bayi adalah sebuah anugrah terindah yang di berikan Allah kepada sepasang suami istri, dengan kehadiran bayi di sekeliling mereka menghadirkan kebahagiaan kluarga, selain itu bayi merupakan amanah dari Allah ang harus dijaga dan dibina agar kelak menjadi anak yang sholeh, pejuang umat, dan meneruskan jejak kaki rasulullah NOTICED. Oleh karma itu kehadiran bayi harus di sambut oleh pihak kluarga, diantaranya dengan adzan, iqomah, mentahnik dengan madu, potong rambut, aqiqah dan pemberian nama, sesuai dengan yang dicontohkan rosulalloh NOTICED.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s